Hubungan hormon leptin dengan obesitas

Pada keadaan tertentu perlu dilakukan pengobatan kombinasi Metformin tunggal selain menurunkan kadar glukosa darah juga menurunkan berat badan, oleh karena sangat dianjurkan pada penderita diabetes melitus tipe 2 gemuk. Daftar pustaka online: Pada umumnya para ahli sepakat bahwa diabetes melitus tipe 2 dimulai dengan adanya resistensi insulin, kemudian menyusul berkurangnya pelepasan insulin.

Pada jaringan adiposa tikus percobaan dan manusia, TNF-Alfa diekspresikan secara berlebihan sehingga mengganggu insulin signaling yang akibatnya fosforilasi IRS-1 terhambat dan menekan ekspresi glucose transporter GLUT Secara khusus apabila sudah ditemukan adanya mikroalbuminuri maka ACE - inhibitor dapat mencegah perlangsungan nefropati diabetik menjadi lebih buruk.

Hampir semua faktor ini meningkat pada orang dengan obesitas. Pada orang yang obesitas, sinyal insulin terkadang hilang dan jaringan tidak lagi mampu mengendalikan kadar glukosa darah. Untuk meningkatkan ambilan glukosa, sel otot membutuhkan lebih banyak insulin agar glukosa dapat masuk ke dalam sel otot, atau dengan kata lain akan terjadi resistensi insulin B.

Weyer dkkmelaporkan kadar adiponektin pada orang kulit putih dan Indian Pima berkurang. Berlebihnya simpanan lemak dapat menyebabkan stres reaksi pada sel-sel lemak, yang pada gilirannya akan menyebabkan pelepasan faktor pro-inflamasi dari sel-sel lemak itu sendiri dan sel-sel imun dalam jaringan lemak.

Weight change and duration of overweight and obesity in the incidence of type 2 diabetes. Anda hanya harus makan lebih sedikit gula dan pati karbohidrat.

Susunan kromosom pembawa pesan genetik dalam sel-sel telur wanita gemuk ditemukan tidak normal sehingga tidak mungkin terjadi pembuahan.

Pada bagian otak bernama hipotalamus, terdapat reseptor atau zat khusus yang menerima sinyal hormon leptin yang akan aktif jika kadar leptin di tubuh terlalu tinggi. Karena hormon leptin diproduksi oleh sel-sel lemak, maka jumlah leptin yang ada pada tubuh seseorang sebanding dengan jumlah lemak dalam tubuh.

Leptin Kadar leptin dalam plasma meningkat dengan meningkatnya berat badan. Hal ini dilaporkan oleh Vozarova, dkk. Adiponektin mempunyai efek yang berlawanan dengan adipositokin lainnya, yaitu mencegah terjadinya resistensi insulin dan diabetes melitus tipe 2. Maka, makan kebanyakan dan kurang olahraga bukanlah penyebab kelebihan berat badan, melainkan akibat dari resistensi leptin.

Sistem endokrin akan bekerjasama dengan sistem saraf dan sistem imun kekebalan tubuh untuk membantu kita melakukan berbagai aktivitas dan mengatasi stres. Hasil penelitian epidemiologis di negara maju menunjukkan bahwa meningkatnya prevalensi obes sejalan dengan meningkatnya prevalensi diabetes melitus tipe 2.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa minimnya jumlah estrogen akan menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan.

Pengaruh Obesitas ( Kegemukan ) Terhadap Kesuburan Wanita

Lancet ; Bastard, dkk. Obesitas dan Faktor Inflamasi Obesitas juga memiliki hubungan dengan inflamasi peradangan kronis tingkat rendah di dalam jaringan lemak. Seperti diketahui lemak visceral peka terhadap rangsangan saraf simpatis sehingga metabolisme sel lemak visceral sangat aktif.

Fungsi lain dari insulin adalah memicu tubuh mensintesis lemak dari glukosa, kemudian memberitahu sel-sel lemak untuk mengambil lemak dan menyimpannya. Otot Pada tahun Randle mengemukakan teori bahwa pada keadaan dimana peningkatan asam lemak bebas dalam darah akan diikuti dengan meningkatnya ambilan asam lemak bebas oleh jaringan otot.Ini juga telah menemukan bahwa leptin, hormon yang memainkan peran penting dalam mengatur asupan energi (nafsu makan) dan metabolisme, juga terlibat dalam derangements hormonal yang berhubungan dengan obesitas (Catsicas, ).

Sel lemak menghasilkan berbagai hormon yang disebut juga adipositokin (adipokine) yaitu leptin, tumor necrosis factor alpha (TNF-alfa), interleukin-6 (IL-6), resistin, dan adiponektin.

Hantaran Sinyal Leptin dan Obesitas: Hubungannya dengan Penyakit Kardiovaskuler

Hormon-hormon tersebut berperan juga pada terjadinya resistensi insulin. Pada gambar 2 diperlihatkan hubungan jaringan lemak dengan kejadian resistensi insulin.

Leptin & Insulin, Hormon yang Berpengaruh pada Kegemukan (Obesitas)

Mortalitas obesitas erat hubungannya dengan sindrom metabolik yang merupakan kelainan metabolik meliputi obesitas, resistensi insulin, gangguan toleransi glukosa, abnormalitas trigliserida dan hemostasis, disfungsi endotel dan hipertensi.

Leptin dihasilkan adiposit dan merupakan anggota dari adipositokin; berperan dalam hantaran sinyal hormon jaringan adiposa.

Kelainan leptin maupun Author: David Limanan. Nahrungserg√§nzungsmittel sind kein Ersatz f√ľr eine abwechslungsreiche und. Sebenarnya ada hal lain yang berhubungan dengan obesitas, yaitu hormon leptin. Resistan terhadap hormon ini ternyata menjadi penyebab utama menumpuknya lemak pada manusia.

Kok bisa, ya?

Hubungan Kadar Hormon dan Obesitas

Yuk, pelajari lebih jauh soal resistensi leptin dalam ulasan berikut ini. Kadar hormon yang meningkat atau menurun dapat menyebabkan obesitas, dan juga sebaliknya obesitas juga dapat menyebabkan perubahan hormon.

Obesitas dan Hormon Leptin Hormon leptin diproduksi oleh sel-sel lemak dan disekresikan ke dalam aliran darah kita.

Hubungan hormon leptin dengan obesitas
Rated 3/5 based on 48 review